Searching...
Senin, Mei 12, 2014

Fakta unik pensil

  Assalamu'alaikum Wr Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME yang telah mempertemukan kita di Forum SoulGyaBez ini. Kali ini saya akan mengulas mengenai fakta unik pensil. Silahkan disimak.

  Pensil selalu menemani kita dalam beraktifitas, entah itu menulis, menggambar, sebagai hiasan, dll. Banyak dari kita yang tidak tahu tentang fakta unik dibaliknya. Maka dari itu saya berikan info berikut.

  1. Pada awal penemuan grafit (bahan dasar pensil), banyak penggembala yang menandai ternaknya dengan grafit / pensil, dikarenakan bahannya yang lunak dan mudah dihapus, sehingga aman di kulit ternak mereka. (tidak seperti sekarang yang dicap pakai besi panas).
  2. Sebatang pensil dapat digunakan untuk menulis 40 ribu kata atau setara dengan garis sepanjang 35 miles.
  3. Setiap pohon yang ukuran batangnya rata-rata / sedang dapat menghasilkan pensil sebanyak 170 ribu buah pensil.
  4. Batang pensil / kayu pensil saat ini sengaja dibentuk heksagonal (segi enam) agar tidak mudah menggelinding.
  5. Pensil kebanyakan diberi warna cerah agar mudah ditemukan.
  6. Pensil terbesar di dunia di buat oleh Ashrita Furman dari New York, dengan berat 10 ton, panjang 23 m, dan harga US$ 20,000. Pensil ini masuk dalam Rekor Guinness sebagai pensil terbesar di dunia. Pensil ini dibuat dari kayu asli dan berisi grafit asli. Luar biasa bukan ?
  7. Peraut pensil ditemukan dan dipatenkan oleh seorang Matematikawan berkebangsaan Perancis bernama Bernard Lassimone pada 1828. sebelum ia menemukan barang tersebut, orang-orang meraut pensil menggunakan pisau.
  8. Setiap tahun hampir 14 miliar batang pensil di produksi di seluruh dunia. Yang terbanyak di Amerika Serikat ( 2 miliar batang). Jika semua pensil itu dibuat garis, maka akan terbentuk garis yang mengelilingi bumi sebanyak 64 garis. Wow fantastis !
  9. Pensil pertama kali diciptakan pada 1565 di Inggris, tetapi baru seabad kemudian diproduksi secara massal di Jerman
  10. Pensil diawal penemuannya dibuat tanpa dibungkus kayu, tapi langsung grafit alam yang dibentuk batang yang digunakan untuk menulis, namun pensil seperti itu mudah patah, sehingga dibuatlah grafit yang dicampur kapur dan bahan kimia lainnya yang dibungkus kayu seperti sekarang ini.
  11. Pada  30 maret 1858, manusia menemukan karet penghapus, yang sebelumnya menggunakan remah roti. Di Eropa pensil tidak menggunaakan penghapus di ujungnya / pantantnya, sedangkan di Amerika kebalikannya.
   Baiklah sekian info dari saya, semoga bermanfaat dan bila ada kata yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!