Searching...
Rabu, Mei 21, 2014

Pengertian & Syarat - Syarat Peta

  
     Assalamu'alaikum Wr Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME, karena atas rahmat-Nya kita dapat berkumpul di Forum SoulGyaBez ini.Kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan syarat - syarat peta. Untuk lebih lanjut, silahkan simak tulisan dibawah ini dengan baik.




Semarang, SoulGyaBez - Manusia menggunakan peralatan dan cara dalam mengenali lingkungannya dengan membuat peta. Peta telah berkembang menjadi alat untuk mengenali lingkungan dan potensinya. Kekayaan alam yang melimpah perlu dikenali dan dimanfaatkan demi menunjang kehidupan penduduk. Peta berfungsi sebagai media interventarisasi kekayaan alam.
  

 1. Pengertian Peta 
      Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil pada bidang datar dengan menggunakan skala tertentu. Ilmu yang mempelajari tentang perpetaan disebut Kartografi, dan ahli perpetaan disebut  Kartograf.
  

 2. Syarat - syarat Peta
      Agar peta baik dan sesuai dengan penampang di muka bumi, peta harus memenuhi persyaratan di bawah ini, diantaranya :
  • Conform, yaitu bentuk wilayah yang digambar pada peta harus sesuai dengan bentuk sesungguhnya di lapangan.
  • Ekuivalen, yaitu luas daerah yang tergambar pada peta harus sesuai (perbandingannya)  dengan luas sesungguhnya  di lapangan.
  • Ekuidistan, yaitu jarak yang tergambar di peta harus sesuai (perbandingannya) dengan jarak sesungguhnya di lapangan.
  • Arah yang benar.
    Baik SoulGyaBezter, sampailah kita sampai di penghujung perjumpaan kita kali ini, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa komen dan like fp kami. Saya  M Z Al Arafi beserta seluruh kerabat kerja yang bertugas pamit undur diri dari hadapan anda. Selamat siang dan selamat beraktifitas. 





0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!