Searching...
Rabu, Juni 04, 2014

Jenis-Jenis Peta : "Berdasarkan Wujudnya"

    Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat malam. SoulGyaBez kembali hadir di hadapan anda untuk memberikan informasi yang sekijlas biasa saja, tapi manfat tersembunyinya luar biasa. Kali ini kami akan memberikan mengenai jenis-jenis peta berdasar wujudnya. Untuk lebih lanjutnya silahkan disimak dibawah ini.


a. Peta datar / peta dua dimensi / peta planimetri / peta biasa, yaitu peta yang dibuat di  suatu bidang datar, dan penggambaran bentuk muka buminya menggunakan perbedaan warna, seperti contoh dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah digambarkan dengan warna cokelat, sedangkan wilayah pesisir di Semarang digambarkan dengan warna hijau.

                                                              contoh peta datar

b. Peta timbul / peta relief / peta tiga dimensi, yaitu peta yang dibuat hampir sama bahkan sama persis dengan keadaan sebenarnya di muka bumi. Pembuatan peta timbul ini  menggunakan bayangan 3 dimensi sehingga bentuk–bentuk lekukan muka bumi tampak seperti aslinya. 

                                                           peta relief gunung Agung

c. Peta digital, yaitu peta yang dibuat melalui pengolahan data digital
yang tersimpan dalam komputer. Peta ini dapat disimpan dalam flashdisk, CD-ROM, atau media penyimpanan digital lainnya. Contoh: citra satelit, foto udara, peta garis digital.
                                                contoh citra satelit colloseum, Roma

                                        google maps termasuk dalam peta garis digital


Baiklah SoulGyaBezter, semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua, kritik dan sarannya sangat ditunggu. Akhir kata saya M Z Al Arafi beserta seluruh kerabat kerja yang bertugas pamit undur diri dari hadapan anda. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat malam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!