Searching...
Rabu, Juli 02, 2014

Hari Bersejarah : "1 Juli"

    Assalamu'alaikum Wr. Wb. SoulGyaBez kembali hadir di hadapan anda untuk memberikan informasi yang sekilas biasa saja, tapi manfaat tersembunyinya luar biasa. Kali ini kami akan mengulas tentang hari bersejarah, yaitu tanggal 1 Juli. Seperti yang kita ketahui bersama tanggal 1 Juli merupakan hari pertama pertengahan tahun 2014 ini dan hari ke-182 (hari ke-183 dalam tahun kabisat) menurut kalender Gregorian. Tentunya tanggal tersebut menyimpan banyak sejarah di waktu silam. Apa saja itu ? Mari disimak berikut ini.

1847 : Karl Ludwig menemukan asteroid 6 Hebe.
 
1867 : British North America Act mulai diberlakukan, dan melahirkan sebuah konfederasi yang bernama Konfederasi Kanada, dan hari ini diperingati sebagai Hari Nasional Kanada.

1909 :  Hari kelahiran Abdul Rahman Saleh.

1916: Pertempuran Somme. Setelah melakukan serangan artileri selama seminggu, Sekutu memulai serangan mereka di garis Jerman yang dibentengi ketat di sepanjang Somme di bagian depan barat pada Perang Dunia I; Inggris menderita 60.000 korban, 19.000 di antaranya tewas, menjadi jumlah tewas terbesar dalam satu hari sepanjang sejarah militer Inggris.

1944: Bretton Woods Conference diselenggarakan di Bretton Woods, New Hampshire, di mana delegasi dari 44 negara meletakkan dasar-dasar sistem moneter internasional pasca perang, termasuk rencana untuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

1946 : Polri didirikan.

1962: Burundi dan Rwanda, sebelumnya menjadi satu dalam protektorat Belgia, Ruanda-Urundi, mencapai kemerdekaan sebagai negara yang terpisah.

1968 : Perjanjian Nonproliferasi Nuklir pertama kali terbuka untuk penandatanganan.

1986 : Hari kelahiran Agnes Monica.

1989 :  Hari kelahiran Daniel Ricciardo (pembalap Formula One asal Australia).

1991 :  Pakta Warsawa diakhiri ecara resmi pada sebuah pertemuan di Praha, Republik Ceko.

1997: Bekas jajahan Inggris, Hong Kong, dikembalikan ke pemerintahan China sebagai daerah administrasi khusus.

2004: Saddam Hussein dan 11 dari pembantu utamanya tampil di hadapan pengadilan khusus Irak untuk mendengar dakwaan atas tuduhan kejahatan perang dan genosida pada mereka; Hussein membantah legitimasi pengadilan dan menyatakan bahwa ia masih presiden Irak yang sah. 

2006: Kereta api tertinggi di dunia, yang menghubungkan Lhasa, ibukota Tibet, dengan grid nasional China untuk pertama kalinya dibuka untuk umum.

2013 :  Kroasia bergabung dengan Uni Eropa.

Hut Kolinlamil.

Sources : Wikipedia, etc.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!