Searching...
Senin, Juni 02, 2014

Jenis - Jenis Peta : "Berdasarkan Isinya"



    Assalamu'alaikum Wr Wb. Selamat pagi. Kami kembali hadir di hadapan anda untuk memberikan informasi yang mungkin sekilas terlihat biasa saja, tapi manfaatnya luar biasa. Kali ini kami akan mengulas jenis-jenis peta berdasar isinya. Berikut pembahasannya.

a. Peta umum, yaitu peta yang menggambarkan kenampakan bumi secara umum, baik fenomena alam, kenampakan buatan maupun budaya. Peta umum dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
1) Peta Geografis, yaitu peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas. Contohnya peta dunia.
contoh peta geografis

2) Peta korografi, yaitu peta berskala sedang yang menggambarkan kenampakan permukaan bumi secara utuh atau sebagian yang bersifat umum. Contohnya atlas.
atlas Jawa Tengah


3) Peta Topografi, yaitu peta yang menggambarkan relief permukaan bumi yang dilengkapi dengan kenampakan unsur-unsur fisis dan budaya umumnya menggunakan garis kontur. Garis kontur adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang berketinggian sama. 



b. Peta khusus / peta tematik, yaitu peta yang menggambarkan kenampakan khusus atau tertentu saja. Contohnya, peta geologi ,peta politik, peta pariwisata, peta penggunaan lahan, peta kepadatan penduduk, peta curah hujan, peta iklim, dsb.
                                                     peta prakiraan hujan bulan Juni dari BMKG

Baiklah SoulGyaBezter, semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada komentar, kritik ataupun saran dapat dikomen dibawah ini atau dapat melalui FB, Twitter ataupun G+ kami. Sampai di sini dulu perjumpaan kita. InshaAllah kita bertemu kembali di artikel selanjutnya. Wassalamu'alaikum Wr Wb.




 


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!